andreasandre . net andreasandre .net | sekedar tempat untuk berbagi | Blog Terbaik

Share foto-foto ogoh-ogoh nyepi 2011

03.10.2011 · Posted in Bali

Sebenarnya sudah lama saya ingin memposting foto-foto saya pada saat tadisi pengerupukan / pengarakan ogoh-ogoh, namun dikarenakan banyak kendala saya baru bisa berbagi sekarang :D . memang foto yang dihasilkan tidaklah bagus, hal ini karena saya mengambilnya dengan kamera handphone. Smoga bisa sedikit menjadi inspirasi.

Sekilas tentang ogoh-ogoh.

Nyepi tanpa Ogoh-ogoh di Bali memang akan sangat membosankan. Ini karena mengarak ogoh-ogoh adalah tradisi yang sudah melekat oleh masyarakat Hindu, terutama di Bali. Ogoh-ogoh adalah semacam patung yang dibuat untuk diarak pada H-1 sebelum nyepi.

Biasanya  ogoh-ogoh ini dibuat dalam bentuk “Bhuta kala”, tapi saat ini ada juga ogoh-ogoh yang dibuat dengan bentuk yang lucu seperti ipin Upin, Bernard Bear, dan ogoh-ogoh Gayus. Semua itu tergantung dari yang membuatnya. Biasanya ogoh-ogoh dibuat dengan kayu, bambu dan nantinya ditutup dengan kertas, dicat dan dihias yang nantinya akan diarak pada H-1 nyepi. Kadang juga ada perlombaan ogoh-ogoh sehingga para pembuatnya akan terpacu untuk membuat ogoh-ogoh yang bagus.

Foto-foto Ogoh-ogoh Nyepi 2011

dinikmati pelan2 ya, soalnya fotonya lumayan banyak

"ogoh-ogohku"

"ogoh-ogoh di bali"

"ogoh-ogoh 2011"

"ogoh-goh bali 1933"

"ogoh-ogoh ogah ogah"

"gambar ogoh-ogoh"

"ogoh-ogoh di bali baru"

"nonton ogoh-ogoh"

spesial

"menonton ogoh"

"menonton ogoh-ogoh di bali"

"menonton ogoh di denpasar"

"ogoh-ogoh di denpasar"

"jalan menonton ogoh-ogoh"

"ogoh-ogoh cluluk"

"ogoh-ogoh kecil"

spesial no 2

"malam pngrupukan"

"malam pengrupukan 2011"

"pengrupukan di denpasar"

"malam pengrupukan di sesetan"

sekian, jangan lupa meninggalkan komentar dan menekan tombol share ya :D

beberapa foto diambil oleh adik saya, merry

46 Responses to “Share foto-foto ogoh-ogoh nyepi 2011”

  1. Oo.. ternyata bentuknya macam-macam ya… :)

    Reply

    andre Reply:

    iya, tergantung kreatifitas yang bikin mbak

    Reply

  2. jadi pengin ke bali gan..coz sampe skrg gue blm pernah ke bali..

    Reply

    andre Reply:

    kapan2 mampir aja mas

    Reply

  3. wahh.. dari bali yak?? hehehe.. sama dong kalo gitu..

    Reply

    andre Reply:

    iya dari bali, tapi kul di jogja :D

    Reply

  4. keren mas.. itu buatnya gimana ya? serem yang setan2nya hehe

    Reply

    andre Reply:

    buat nya juga saya kurang paham mas, biasanya pake bahan kurungan ayam trrus dirakit. sesuai bentuk ditutup kertas, di cat. gitu kasarannya

    Reply

Leave a Reply

CommentLuv badge

Anda Pasti Suka Artikle Iniclose